Selasa, 15 Maret 2011

Perilaku Produsen dan Struktur Pasar

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas apa yang telah di presentasikan oleh kelompok 4 dan 5. Kelompok 4 membawakan makalah tentang Perilaku Produsen, dan Kelompok 5 membawakan makalah tentang Struktur pasar.

Pertama-tama saya akan menganalisa tentang perilaku produsen,
menurut saya perilaku produsen ini sangat berkaitan dengan kenyataan yang ada pada setiap seorang produsen, apalagi untuk negara indonesia yang mayoritasnya adalah seorang pedagang dan petani, setiap produsen memiliki caranya masing-masing dalam mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dengan modal yang seminimum mungkin, di presentasi tadi di katakan bahwa ada teori-teori yang dapat menentukan nilai optimal pada profit, misalnya pada contoh tadi di katakan bahwa untuk membuat sepotong tahu kita harus mencari harga pokok penjualan yg se efisien mungkin dengan menentukan tingkat efisiensi yang ada, dan harga pokok penjualan juga dapat di peroleh dengan menambahkan variabel-variabel yang ada seperti listrik dll lalu di kurangi dengan jumlah barang di minta. dan semua itu adalah semata-mata dilakukan untuk mendapatkan profit yang maksimum, walau pada pedagang tingkat rendah jarang sekali yang menggunakan teori-teori seperti, yang mereka tahu hanya untung dan rugi saja, tp jangan salah, malah biasanya pedagang seperti itulah yang di katakan pedagang sejati, karna ga terlalu banyak mikirin variabel dan segala macam tetek bengeknya. hehe

Lalu yg kedua, saya akan menganalisa tentang Struktur Pasar,
dari analisa yang saya lakukan ternyata masih banyak yang menggunakan bentuk monopoli dalam perdagangan yang sebenarnya tidak lazim di gunakan karna banyak hak-hak yang terasingkan dan banyak pedagang kecil yang jadi korban, monopoli terjadi di luar juga dalam negeri contohnya PLN, INKA, POS, GIRO dll..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards