Rabu, 09 Maret 2011

Penetapan harga

Penetapan harga adalah proses menetapkan harga suatu barang. Apabila nilai harga barang itu terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat di peroleh oleh penjual.






Jadi serba salah salah yee pedagangnya?? Hehe.. mau nurunin harga salah, mau naikkin harga juga salah. Jadi untuk itu semua penentuan harga tersebut, masing-masing memiliki 3 macam pendekatan dalam  penentuan harga, yaitu :
1.       Pendekatan supply demand
2.       Pendekatan yang berorientasi ke biaya
3.       Pendekatan pasar

Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat social dalam suatu pasar ekonomi. Permintaan juga memiliki hokum permintaan yaitu “semakin tinggi harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya, makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta”.

Penawaran adalah jumlah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk di jual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat social dalam suatu pasar ekonomi. Ada pula hokum penawaran, yaitu “semakin tinggi harga suatu barang maka makin banyak pula jumlah barang di tawarkan dan begitu sebaliknya yaitu semakin rendah harga suatu barang maka makin banyak rendah pula barang yang di tawarkan oleh penjual.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards